Jumat, 25 Februari 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT (bagian :5)

36- Pembacaan adzan sebanyak dua kali.

Pada Zaman kepemimpinan Rosulullah shollallaahu alayhi wa sallam, Sayyidina Abu Bakar dan Sayyidina 'Umar bin Khottob rodliyallaahu 'anhumaa, adzan sholat Jum'at dibaca saat imam sudah duduk di atas mimbar. Akan tetapi, pada zaman kepemimpinan sayyidina 'Utsman, dimana jumlah muslimin sudah sangat banyak,maka adzan dibaca sebanyak dua kali dan itu merupakan ketetapan bersama.

37- Menyibukkan diri dengan ibadah atau berdzikir sampai khotib datang dan menempati posisinya.

38- Membaca surah al Kahfi.

Dari sahabat abu Sa'id al Khudry, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: barangsiapa yang membaca surah alKahfi pada hariJum'at,maka hal itu akan menjadi penerang baginya diantara dua Jum'at.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Umar rodliyallaahu 'anhumaa, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang membaca surah al Kahfi pada hari Jum'at, maka akan muncul seberkas sinar dari telapak kakinya yang menembus sampai ke angkasa raya dan akan menyinarinya sampai pada hari kiyamat. Dia akan diampuni dosa-dosanya diantara dua Jum'at.

Dari sahabat 'Ali bin Abu Tholib karromallaahu wajhah, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang membaca surah al Kahfi pada hari Jum'at, maka dia akan terjaga dari dosa selama delapan hari. Dan andai Dajjal keluar, maka dia akan terlindungi dari pengaruh buruknya.

39- Membaca surah al Kahfi pada malam Jum'at.

Dari sahabat Abu Sa'id al Khudriy, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang membaca surah al Kahfi pada malam Jum'at, maka akan datang cahaya yang bersinar antara dirinya dan baytul atiq.

40- Membaca surah al Ikhlas,surah al Falaq dan surah an Nas setelah selesai sholat Jum'at.

Sayyidah Asma' binti Abu bakar rodliyallaahu 'anhumaa berkata : barangsiapa mengerjakan sholat Jum'at lalu dia membaca Qulhu dan al Muawwidzatayn juga al Fatihah masing-masing sebanyak tujuh kali, maka dia akan dijaga dari keburukan pergaulannya sampai datang hari Jum'at depannya.

41- Membaca surah al Ikhlash dan al Kaafiruun pada malam Jum'at.

Dari sahabat Jabir bin Samroh rodliyallaahu 'anhu, beliau berkata : Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam membaca surah al Kaafiruun  dan al Ikhlash pada sholat maghrib malam Jum'at, dan membaca surah al Jum'ah dan al Munaafiquun pada sholat Isya'nya.

42- Membaca surah al Jum'ah dan al Munaafiquun pada sholat Isya' malam Jum'at.

43- Larangan membuat halaqoh ( duduk melingkar ) sebelum sholat Jum'at.

44- Larangan bepergian jauh sebelum mengerjakan sholat Jum'at.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: barangsiapa yang bepergian pada hari Jum'at, maka malaikat akan mendoakannya agar kepergiannya tidak diiringi malaikat rahmat dan hajatnya tidak akan dikabulkan.

45- Dihapuskan dosa-dosa.
 
Dari sahabat Salman al Farisi rodliyallaahu 'anhu, dia berkata,Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bertanya kepadaku:tahukah kamu ada apa dengan hari Jum'at itu?. Saya menjawab : hanya Allah dan Rosulnya yang paling tahu. Kemudian beliau bersabda : Jum'at adalah hari dimana ayah dan ibumu akan dikumpulkan. Tidak seorangpun hamba yang berwudlu lalu menyempurnakan wudlunya itu,kemudian dia mendatangi masjid untuk sholat Jum'at, kecuali hal itu akan menjadi penghapus dosa baginya antara hari Jum'at itu sampai Hari Jum'at selanjutnya,selama dia menjauhi dosa-dosa besar.


                                                ( bersambung )

1 komentar: