Rabu, 02 Maret 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT (bagian :6)

46- Orang yang mati pada malam atau hari Jum'at akan dilindungi  dari siksa kubur.

Dari sahabat Anas rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang mati pada hari Jum'at, maka dia akan dilindungi dari siksa kubur.

47- Orang yang mati pada malam atau hari Jum'at akan aman dari fitnah kubur dan dia tidak akan diberi pertanyaan oleh Malaikat Munkar dan Nakir.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Umar rodliyallaahu 'anhumaa, rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : tiada seorangpun dari orang islam yang mati pada malam atau hari Jum'at,kecuali Allah akan menjauhkannya dari fitnah kubur.

48- Pada hari Jum'at semua siksaan bagi penghuni kubur dihentikan selama 24 jam penuh.

49- Arwah-arwah orang yang sudah mati berkumpul pada hari Jum'at.

50- Jum'at adalah penghulunya hari.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, sesungguhnya Nabi shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Penghulunya hari adalah hari Jum'at. Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di dalamnya adalah hari Jum'at. Di dalam hari itu diciptakan Nabi Adam 'alyhissalaam. Dan di dalamnya pula beliau dimasukkkan ke dalam surga. Dan di dalam hari Jum'at pula beliau dikeluarkan dari surga.

51- Jum'at adalah hari tambahan.

Dari sahabat Anas bin Malik rodliyallahu 'anhu, beliau berkata : pada suatu hari malaikat Jibril mendatangi Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam sambil membawa kaca cermin yang jernih dan berkilau. Kemudian Rosulullah bertanya: apakah itu wahai Jibril? Malaikat Jibril menjawab : inilah yang dinamakan hari Jum'at. Hari spesial bagi dirimu dan umatmu, seperti juga hari spesial yang dimiliki oleh umat Yahudi dan Nasrani. Bahkan hari buatmu ini lebih baik lagi karena di dalamnya terdapat satu masa,dimana tak seorang hambapun yang berdoa tentang hal-hal baik pada masa itu, kecuali akan dikabulkan. Dan bagi kami Jum'at adalah hari tambahan. Kemudian Rosulullah berkata: apakah hari tambahan itu?. Jibril menjawab :  sesungguhnya Tuhanmu telah menciptakan lembah yang sangat luas didalam surga firdaus. Pada lembah itu terdapat gundukan minyak misik. Apabila datang hari Jum'at ,Allah menurunkan malaikat ke dalamnya,mereka mengelilingi mimbar dari cahaya, sebagai tempat duduk para Nabi yang dikelilingi kursi-kursi yang terbuat dari emas berhiaskan permata. Diatasnya duduk para syuhada'. Kemudian datanglah penghuni surga lalu mereka duduk dibelakang gundukan itu. Setelah itu Allah berfirman : akulah Tuhanmu dan kalian telah membenarkan janji-janjiku. Maka mintalah padaku dan aku pasti memberimu. Mereka berkata : Tuhan kami, kami meminta ridlomu. Allah berfirman : sungguh aku telah meridloi kalian dan semua angan-angan kalian adalah tanggung jawabku, juga ada tambahan-tambahan dariku. Maka mereka menyukai hari Jum'at karena hal-hal yang banyak mereka terima berupa kebaikan-kebaikan pada hari itu.

52- Nama hari Jum'at disebut dalam ayat al qur'an sementara hari-hari selainnya tidak disebut.
53- Jum'at adalah Syahid dan Masyhud,yang digunakan oleh Allah sebagai sumpahnya.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: Yawmul maw'ud adalah hari kiyamat, al masyhud adalah hari Arofah, dan asSyaahid adalah hari Jum'at. Tiada matahari yang terbit atau tenggelam yang lebih utama daripada hari Jum'at.

54- Jum'at adalah hari yang disimpan bagi umat islam.

Dari sahabat Abu Horoyroh rodliyallaahu 'anhu, Nabi shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Allah menyesatkan umat sebelum kita dari hari Jum;at. Maka jadilah hari Sabtu bagi umat Yahudi dan hari Ahad bagi umat nasrani. Kemudian Allah mendatangkan hidayah bagi kita dengan memilihkan hari Jum'at.


55- Hari pengampunan.

Dari sahabat Anas rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: Sesungguhnya Allah Yang maha berkah dan maha luhur tidakakan meninggalkan seorangpun dari orang islam pada hari Jum'at,kecuali Dia akan mengampuninya.



                                      (bersambung)


1 komentar: