Kamis, 27 Januari 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT ( bagian : 1 )

Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Penghulunya hari adalah hari Jum'at. Disamping itu beliau juga menjelaskan tentang keistimewaan-keistimewaan hari Jum'at yang sangat banyak. Berikut ini adalah ulasannya:



1- Jum"at adalah hari raya bagi segenap umat islam di penjuru dunia ini.

Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majjah, dari sahabat 'Abdullah bin 'Abbas, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Ini adalah hari raya yang telah dijadikan oleh Allah bagi seluruh orang islam. Maka barangsiapa akan menghadiri sholat Jum'at, hendaknya dia mandi, mengoleskan minyak wangi jika ada serta bersiwaklah.


Diriwayatkan oleh Imam at Thobrony, dari sahabat Abu Huroyroh, sesungguhnya Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda pada salah satu khutbah Jum'at beliau : hai golongan orang islam! inilah hari yang telah dijadikan oleh Allah sebagai hari rayamu. Maka mandilah dan bersiwaklah.

2- Makruh mengerjakan puasa satu hari pada hari Jum'at.

Dari sahabat Abu Huroyroh,  sesungguhnya Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : janganlah salah seorang dari kalian berpuasa di hari Jum'at kecuali jika dia berpuasa pada  hari sebelum atau sesudahnya.


Dari sahabat Jabir, beliau berkata : Nabi shollallaahu 'alayhi wa sallam melarang berpuasa pada hari Jum'at. 

Dicatat oleh Imam Bukhory, dari ummahatil mukminin sayyidah Juwayriyyah rodliyallaahu 'anhaa : Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam memasuki rumah beliau di hari Jum'at, saat beliau sedang berpuasa. Kemudian Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bertanya : apakah kemarin kamu berpuasa ? Sayyidah menjawab : tidak. Beliau melanjutkan : apakah besok kamu akan berpuasa? Sayyidah menjawab : tidak. Kemudian Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : berbukalah kamu. 


Dari sahabat Junadah bin Abu Umayyah al Azdy, beliau berkata : saya memasuki rumah Rosulullah bersama orang-orang Azdy, lalu beliau mengajak kami untuk menikmati hidangan yang telah tersedia di hadapan beliau. Kemudian kami berkata : kami sedang berpuasa. Beliau bertanya : apakah kemarin kalian berpuasa?. Kami menjawab : tidak. Beliau bertanya lagi : apakah besok kalian akan berpuasa?. Kami menjawab : tidak. Kemudian beliau bersabda : berbukalah kalian karena tidak diperbolehkan berpuasa sehari pada hari Jum'at.


Dari sahabat Abu Huroyroh, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : janganlah kalian mengkhususkan sholat pada malam Jum'at melebihi malam-malam yang lain. Dan jangan pula kalian mengkhususkan puasa pada hari Jum'at melebihi hari-hari yang lain, kecuali puasa yang biasa dikerjakan (puasa Dawud).


 
 
                                                                ( bersambung )
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar