Jumat, 04 Februari 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT(bagian :2)

3- Makruh mengerjakan sholat sunah khusus pada malam Jum'at.
4-Sunah membaca surah as Sajdah dan surah ad Dahr pada sholat shubuh hari Jum'at.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, beliau berkata : Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam pernah membaca surah as Sajdah dan surah ad Dahr dalam sholat shubuh hari Jum'at.

5- Sholat shubuh di hari Jum'at adalah paling utama disisi Allah.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Umar rodliyallaahu 'anhumaa, beliau berkata : Rosulullah kehilangan sahabat Humron pada sholat subuh disuatu hari. Kemudian saat Humron datang,beliau bertanya : apakah yang membuatmu sibuk hingga melewatkan jama'ah shubuh ini? tidakkah engkau tahu bahwa yang paling utama disisi Allah adalah sholat shubuh hari Jum'at yang dikerjakan secara berjama'ah!

6- Rokaat sholat Jum'at hanya dua, sementara sholat dhuhur di hari lainnya empat rokaat.
7- Pahala sholat Jum'at setara dengan ibadah haji.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Abbas rdliyallaahu 'anhumaa, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : sholat Jum'at adalah ibadah hajinya orang-orang miskin.

8- Membaca jahr (keras) pada bacaan fatihah dalam sholat Jum'at, sementara sholat siang diluar Jum'at dibaca sirr (samar).
9- Membaca surah al Jum'ah dan surah al Munafiqun dalam sholat Jum'ah.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, saya mendengar Nabi shollallaahu alayhi wa sallam membaca surah al Jum'ah dan Surah al Munafiqun dalam sholat Jum'ah.

10- Keistimewaan sholat Jum'at karena harus dikerjakan secara berjama'ah.
11- Diikuti oleh minimal empat puluh laki-laki.
12- Diselenggarakan di suatu tempat tertentu didalam sebuah desa.
13- Atas seizin pejabat setempat.
14- Orang yang tidak menghadiri sholat Jum'at boleh dibakar rumahnya.

 Dari sahabat 'Abdullah bin Mas'ud rodliyallaahu 'anhumaa, beliau berkata : Sesungguhnya Nabi shollallaahu 'alayhi wa sallam berkata kepada kaum yang tidak mengerjakan sholat Jumat : Sungguh aku berkeinginan untuk memerintahkan setiap laki-laki untuk sholat bersama-sama orang lain lalu aku akan membakar rumah-rumah kaum yang tidak mau mengerjakan sholat Jum'at.

15- Akan tertutup hatinya orang yang tidak mengerjakan sholat Jum'at.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Umar dan Abu Huroyroh rodliyallaahu anhum, Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Hendaklah kaum-kaum berhenti meninggalkan sholat Jumat atau Allah akan menyumbat hati mereka hingga menjadi orang-orang yang lupa.

Dari sahabat Jabir bin Abdullah rodliyallaahu 'anhumaa,sesungguhnya Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa meninggalkan tiga sholat Jum'at karena alasan yang sepele maka Allah akan menutup mata hatinya.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: barangsiapa meninggalkan tiga sholat Jum'at bukan karena sakit maka Allah akan menutup hatinya dan dia adalah orang yang munafiq.




                                                                   ( bersambung )

1 komentar:

  1. Sae sekali....
    terkadang 'ibadah juga harus di iming2i dengan sesuatu yang menggembirakan..
    Dan semoga adanya blog ini bisa menjadi petunjuk dalam kebaikan bagi kita semua... Amiin
    tengkiyu.....umy

    BalasHapus