Senin, 14 Februari 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT ( bagian :3 )

16- Orang yang meninggalkan sholat Jum'at hendaknya membayar kafarat (denda).

Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang meninggalkan sholat Jum'at tanpa alasan,maka hendaklah ia bersedekah satu dinar dan jika tidak ada maka bisa juga setengah dinar.

17- Penyampaian khutbah Jum'at
18- Menyimak khutbah.

 Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda:jika kamu berkata pada temanmu "simaklah", saat khotib sedang menyampaikan khutbahnya, maka perkataanmu adalah sia-sia.

 Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda:barangsiapa yang berwudlu di hari Jum'at lalu memperbaiki wudlunya itu, kemudian dia menghadiri sholat Jum'at,mendengar serta menyimak khutbah Jum'at, maka dosa-dosanya diampuni sampai hari Jum'at yang akan datang dengan ditambah tiga hari lagi.Dan barangsiapa yang menyentuh kerikil (untuk dipermainkan ),maka hal itu adalah sia-sia.

19- Haram mengerjakan sholat saat imam sudah duduk di atas mimbar.

20- Dilarang duduk ihtiba' ( setengah jongkok ) saat menyimak khutbah Jum'at.

Dari Mu'adz bin Anas rodliyallahu 'anhu, sesungguhnya Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam melarang duduk ihtiba' pada saat imam berkhutbah.

21-Tidak dimakruhkan mengerjakan sholat sunnah pada waktu istiwa'(saat matahari tepat di atas kepala).
22- Neraka jahannam tidak dinyalakan.
23- Sunnah mandi untuk menghadiri sholat Jum'at.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Umar rodliyallahu 'anhumaa, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : jika salah seorang dari kalian akan menghadiri sholat Jum'at,maka mandilah.

Dari sahabat Abu Qotadah rodliyallaahu 'anhu, saya mendengar Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang mandi pada hari Jum'at maka dia tetap dalam keadaan suci sampai hari Jum'at depannya.

24- Orang yang menyetubuhi istrinya akan mendapat dua pahala.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: adakah salah seorang dari kalian merasa lemah untuk menggauli istrinya setiap Jum'at? sesungguhnya dia akan mendapat dua pahala. Satu pahala untuk mandi basahnya dan satu pahala untuk mandi basah istrinya.

25- Sunah bersiwak.
26- Sunah memakai wewangian.
27- Sunah meminyaki rambut.
28- Sunah memotong kuku.
29- Sunah memotong atau merapikan rambut dan buklu-bulu tubuh.


                                                    ( bersambung )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar