Kamis, 17 Februari 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT (bagian :4)

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Abbas rodliyallaahu 'anhumaa, sesungguhnya pada satu hari Jum'at Nabi shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: Hai manusia! apabila kalian menghadapi hari ini hendaklah kalian mandi dan mengoleskan minyak wangi atau minyak rambut jika ada.

Dari sayyidah 'Aisyah rodliyallaahu 'anhaa, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang memotong kuku pada hari Jumat, maka dia akan dijaga dari keburukan sampai hari Jum'at yang akan datang.

30- Dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang terindah.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, sesungguhnya Nabi shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang mandi pada hari Jum'at, bersiwak,mengoleskan minyak wangi, memakai pakaian  terindah dari yang ia punya lalu berangkat ke masjid, tidak melalui bahu orang, kemudian menyimak khutbah Jum'at, maka hal itu akan menjadi kafarat (penghapus dosa) baginya antara hari Jum'at itu dengan hariJum'at sebelumnya.

Dari sayyidah 'Aisyah rodliyallaahu 'anhaa, beliau berkata : Rosulullaah shollallaahu'alayhi wa sallam mempunyai dua pakaian indah yang khusus untuk sholat Jum'at. Jika beliau sudah pulang ,maka aku melipat dan menyimpannya untuk di kenakan lagi hari Jum'at depan.
 
31- Membakar ukup/dupa di dalam masjid.

Dari sayyid Husain bin 'Aly rodliyallaahu 'anhumaa, beliau berkata : sesungguhnya Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam memerintahkan untuk membakar ukup (dupa) di masjid setiap Jum'at.

Imam Ibnu Majah meriwayatkan bahwa, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Jauhkanlah masjid kalian dari anak-anak kecil,orang-orang gila,orang-orang buruk, padagang dan dari suara keras serta senjata. dan bakarlah ukup di dalamnya setiap Jum'at.

32- Berangakat ke masjid sepagi mungkin.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, sesungguhnya Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang mandi pada hari Jum'at, lalu berangkat pada jam pertama,maka seakan-akan dia telah berkurban seekor unta. Dan barangsiapa yang berangkat pada jam kedua,maka seakan-akan dia telah berkurban seekor sapi.Dan barangsiapa yang berangkat pada jam ketiga,maka seakan-akan dia telah berkurban seekor domba.Dan barangsiapa yang berangkat pada jam keempat,maka seakan-akan dia telah berkurban seekor ayam jago.Dan barangsiapa yang berangkat pada jam kelima ,maka seakan-akan dia telah berkurban sebutir telur.Dan apabila imam telah keluar, maka para malaikatpun hadir untuk mendengarkan dzikir-dzikir yang dipanjatkan.

33- Tidak dianjurkan menunggu matahari agak turun untuk melaksanakan sholat Jum'at.

34- Menunda makan siang dan qoylulah untuk menghadiri sholat Jum'at.

Dari sahabat Sahl bin Sa'd rodliyallaahu 'anhumaa, beliau berkata : kami tidak qoylulah dan tidak makan siang,kecuali setelah sholat Jum'at.
 
35- Pahala menghadiri sholat Jum'at dilipat gandakan sebanyak pahala amal setahun dan dihitung berdasarkan pada setiap langkah kaki.

Dari sahabat Aus al tsaqofi rodliyallaahu 'anhu, saya mendengar Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang mandi pada hari Jum'at lalu berangkat sepagi mungkin, berjalan kaki dan tidak mengendarai apapun,duduk dekat imam dan menyimak khutbah, maka baginya pahala sholat dan puasa setahun penuh yang dihitung dari setiap langkah kakinya.



                                                      ( bersambung )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar