Jumat, 11 Maret 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT (bagian :7)

56- Jum'at adalah hari kemerdekaan.

Dari sahabat Anas rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : sesungguhnya hari Jum'at dan malam Jum'at terdiri atas dua puluh empat jam, tiada satu jam-pun didalamnya kecuali Allah memerdekakan (membebaskan) enam ratus penghuni neraka,dimana mereka semua adalah orang-orang yang memang  berhak berada di dalam neraka.

57- Di dalamnya terdapat saat ijabah (dikabulkan do'a).

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, sesungguhnya Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam menuturkan tentang hari Jum'at , maka beliau bersabda : di dalam hari Jum'at  itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun hamba yang menemui masa itu dalam keadaan sholat dan memohon akan hal-hal yang baik, kecuali Allah akan mengabulkan permohonannya itu.

58- Pahala bersedekah di hari Jum'at dilipat gandakan.

59- Perbuatan baik dan buruk dilipat gandakan akibatnya.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu: pahala amal kebaikan dilipat gandakan pada hari Jum'at.

60- Sunah membaca surah ad-Dukhon pada malam dan hari Jum'at.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda barangsiapa yang membaca surah ad-Dukhon pada malam Jum'at,maka dosanya akan diampuni.


Dari sahabat Abu Umamah rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: barangsiapa yang membaca surah ad-Dukhon pada malam atau hari Jum'at,maka akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga.

61- Sunah membaca surah Yasin pada malam harinya.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: barangsiapa yang membaca surah ad-Dukhon dan surah Yasin pada malam Jum'at, maka dia akan diampuni.

62- Sunah membaca surah Ali 'Imron.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Abbas rodliyallaahu 'anhumaa, Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang membaca surah Ali Imron pada hari Jumat, maka para Malaikat akan memintakan rahmat untuknya sampai matahari tenggelam.

63- Sunah membaca surah Huud.

Dari sahabat Ka'b rodliyallaahu 'anhu, sesungguhnya Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : kalian bacalah surah Huud pada hari Jum'at.

64- Sunah membaca surah al-Baqoroh dan Ali 'Imron pada malam Jum'at.

Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang membaca sura al-Baqoroh dan Ali 'Imron pada malam Jum'at, maka dia berhak mendapat pahala sebanyak lapisan bumi paling bawah sampai langit yang paling atas.

65- Membaca dzikir khusus pengampunan ( istighfar ) sebelum datang waktu subuh.

Dari sahabat Anas rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa yang membaca tiga kali sebelum sholat subuh hari Jum'at,
 استغفرالله العظيم الذي لااله الا هو الحي القيوم واتوب اليه
maka akan diampuni dosa-dosanya, meskipun dosanya itu lebih banyak daripada buih di lautan.



                                              (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar