Kamis, 12 Mei 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT (bag:11)

82- Malam Jum'at disebut juga malam yang bersinar dan hari Jum'at disebut hari yang cerah.

Imam al Bazari meriwayatkan bahwa : Sesungguhnya ketika memasuki bulan Rajab, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam mengucapkan : Yaa Allah! berkahilah bulan Rajab dan bulan Sya'banku. Sampaikanlah aku pada bulan Romadlon. Dan jika datang malam Jum'at,maka beliau berkata: Inilah malamyang bersinar dan hari yang cerah.

83- Mengerjakan sholat sunnah untuk meringankan derita sakarotul maut (meregang nyawa).

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Abbas rodliyallaahu 'anhumaa, Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Barangsiapa mengerjakan sholat dua rokaat setelah sholat maghrib pada malam Jum'at, pada setiap rokaatnya setelah Fatihah membaca surah al Zalzalah sebanyak lima belas kali, maka Allah akan meringankan derita sakarotul mautnya, melindunginya dari siksa kubur dan memudahkannya saat menyebrangi shirot  pada hari kiamat kelak.

84- Keselamatan pada hari Jum'at adalah keselamatan pada hari-hari lainnya.

Dari sayyidah 'Aisyah rodliyallaahu 'anhaa, Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Jika seseorang selamat pada hari Jum'at,maka ia akan selamat pada hari lainnya.

85- Membaca do'a saat masuk masjid pada hari Jum'at.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, beliau berkata: Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam ketika memasuki masjid pada hari Jum'at, beliau memegang salah satu kusen pintu sambil mengucapkan do'a:
اللهم  اجعلنى أوجه من توجه اليك
وأقرب من تقرب اليك
وأفضل من سألك ورغب اليك
Yaa Allah!
Jadikanlah aku sebagai orang yang paling menghadapkan wajahnya kepadamu.
Dan orang yang paling mendekatkan diri kepadamu.
Dan orang yang paling utama dalam hal meminta dan mencinta kepadamu.

86- Larangan berbekam pada hari Jum'at.

Dari Imam Husain bin 'Ali, Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: sesungguhnya pada hari Jum'at terdapat satu masa, tak seorangpun yang berbekam pada masa itu kecuali dia akan mati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar