Selasa, 05 April 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT(bagian :10)

76- Ziyarah kubur pada malam dan hari Jum'at.

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda:barangsiapa berziyarah ke kubur ayah-ibunya atau salah satu dari mereka pada setiap Jum'at, maka dosa-dosanya akan diampuni dan dia akan dicatat sebagai anak yang berbakti.


77- Orang yang mati dapat mengenali orang-orang hidup yang menziyarahinya pada hari itu.

78- Perilaku orang-orang yang masih hidup diperlihatkan pada kerabat mereka yang sudah mati.

Dari 'Abdul Ghofur bin 'Abdul 'Aziz, dari Ayahnya, dari kakeknya, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : amal-amal dilaporkan kehadirat Allah setiap hari Senin dan Kamis. Lalu diperlihatkan pada para Nabi, serta Ayah-Ibu yang sudah mati setiap hari Jum'at. Mereka merasa gembira dengan kebaikan amal itu dan wajah mereka bertambah cerah serta bersinar terang.

79- Burung-burung mengucapkan kata: selamat! selamat! inilah hari yang baik.

80- Orang-orang yang berangkat untuk sholat Jum'at bagaikan  tujuh puluh orang pilihan dari umatnya Nabi Musa 'alayhissalam.

Dari sahabat Anas rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : apabila tujuh puluh laki-laki dari kita berangkat untuk sholat Jum'at, mereka bagaikan tujuh puluh umat Nabi Musa yang mendatangi Tuhan mereka, bahkan lebih baik dari itu.

81- Meneruskan puasa pada hari Jum'at merupakan cara untuk mendapatkan ampunan.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Umar rodliyallaahu 'anhumaa, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: barangsiapa berpuasa pada hari Rabu, Kamis dan Jum'at lalu bersedekah dengan harta yang dia miliki, sedikit ataupun banyak, maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dia lakukan sehingga dia seperti saat dilahirkan oleh Ibunya.

Dari sahabat Anas rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : barangsiapa berpuasa pada hari Rabu, Kamis dan Jum'at, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah panggung di dalam surga yang terbuat dari intan permata dan batu giok. Dan namanya juga akan dicatat sebagai orang yang dijauhkan dari neraka.


                                     (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar