Jumat, 18 Maret 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT (bagian :9)

72- Hari untuk keluar dan masuk. 

Dari ummul mukminin sayyidah 'Aisyah, beliau berkata: Jika Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam keluar pada musim kemarau, maka beliau keluar pada malam Jum'at. Dan di musim penghujan beliau lebih suka masuk pada malam Jum'at.

73- Mencari anugerah.

Imam Thobroni meriwayatkan bahwa : 'Abdullah bin Busrin, seorang sahabat Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam , setelah selesai sholat Jum'at beliau keluar menuju pasar, berkeliling beberapa saat  lalu kembali ke masjid. Saat di tanyakan : kenapa anda melakukan itu? maka beliau menjawab : aku menyaksikan pemimpin para Rosul juga berbuat demikian.

74- Menanti datangnya waktu 'ashar setelah sholat Jum'at adalah sebanding dengan mengerjakan 'Umroh.

Dari sahabat Sahl bin Sa'd as Sa'idi, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : sesungguhnya kalian memiliki pahala haji dan 'umroh pada setiap hari Jum'at. Pahala setara haji didapat dengan berangkat sholat Jum'at dan pahala setara 'umroh didapat dengan menantikan datangnya waktu 'ashar setelah sholat Jum'at.

75- mengerjakan sholat sunah untuk menjaga hafalan al-Qur'an pada malam Jum'at.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Abbas, beliau berkata : sesungguhnya 'Ali berkata kepada Rosul: Qur'an telah lepas dari dadaku dan aku tidak mampu menguasainya lagi. Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : maukah engkau aku ajarkan beberapa kalimat yang bermanfaat bagimu dan dapat mematri apapun yang telah kamu pelajari di dalam dadamu? Jika datang malam Jum'at, maka kerjakanlah sholat pada sepertiga malam yang terakhir, karena itulah saat-saat hadirnya malaikat dan terkabulnya do'a. ( dan saudaraku Ya'qub 'alayhissalam juga pernah berkata kepada anaknya: nanti aku mintakan ampunan kepada Tuhanku. dia bilang nanti sampai datang hari Jum'at ), jika kamu tidak sanggup, maka sholatlah pada sepertiga malam yantengah, dan jika tidak sanggup, maka pada sepertiga malam yang awalnya. Perinciannya, pada rokaat kesatu membaca al-Fatihah dan Yasin, rokaat kedua membaca al-Fatihah dan ad-Dukhon, rokaat ketiga membaca al-Fatihah dan as-Sajdah, rokaat keempat mebaca al-Fatihah dan al-Mulk. Setelah selesai sholat, bacalah puji-pujian yang indah untuk Allah, membaca sholawat untukku dan untuk Nabi-Nabi yang lain, memintakan ampunan Allah bagi semua mukminin-mukminat dan saudara yang telah mendahului kita, lalu bacalah doa ini:

اللهم ارحمنى بترك المعاصى ابدا ماابقيتنى
وارحمنى ان اتكلف مالايعنينى
وارزقنى حسن النظر فيما يرضيك عنى 

اللهم بديع السموات والارض 
 ذاالجلال والاكرام والعزة لاترام
اسألك ياالله يا رحمن بجلالك ونور وجهك
ان تلزم قلبى حفظ كتابك كما علمتنى
وارزقنى ان اتلوه على النحو الذى يرضيك عنى
اللهم بديع السموات والارض
ذاالجلال والاكرام والعزة لاترام
اسألك ياالله يا رحمن بجلالك ونور وجهك
ان تنوز بكتابك بصرى
وان تطلق به لسانى
وان تفرج به عن قلبى
وتشرح به صدرى 
وان تعمل به بدنى
فانه لا يعيننى علي  الا انت
ولاحول ولاقوة الا بالله العلي العظيم

kerjakanlah hal itu lima atau tujuh Jum'at. Dengan izin Allah dan demi dzat yang mengutusku untuk kebenaran, tak seorang mukminpun akan akan luput sama sekali.


                                             (bersambung) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar