Minggu, 15 Mei 2011

KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT (bag:13). Tammat

91- Pintu neraka jahannam tidak dibuka pada hari Jum'at.


Dari sahabat 'Abdullah bin 'Umar rodliyallaahu 'anhumaa, sesungguhnya Nabi shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: sesungguhnya neraka jahannam dinyalakan setiap hari dan pintunya selalu terbuka, kecuali pada hari Jum'at tidak dibuka pintunya dan tidak dinyalakan.

92- Sunnah berangkat bepergian pada malam Jum'at.

Dari sayyidah 'Ummu Salamah rodliyallaahu 'anhaa, beliau berkata: Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam senang bepergian pada Kamis malam.

93- Para Malaikat membuat catatan khusus tentang orang yang mengerjakan sholat berjama'ah pada hari Jum'at.

94- Mengerjakan sholat hajat agar bisa berjumpa Nabi.

Imam Ibnu 'Asaakir meriwayatkan : barangsiapa mandi pada malam Jum'at  lalu mengerjakan sholat hajat dua rokaat dan pada setiap rokaatnya membaca surah al Ikhlas sebanyak seribu kali,maka dia akan berjumpa dengan Rosulullah dalam mimpinya.

95- Mengunjungi teman sesama muslim.

96- Tidak dimakruhkan mengerjakan sholat sunah setelah subuh dan setelah ashar pada hari Jum'at.

97- Mengerjakan sholat hajat agar diperlihatkan surga.

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Umar rodliyallaahu 'anhumaa, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: barangsiapa memasuki masjid pada hari Jum'at lalu mengerjakan sholat sunnah empat rokaat, pada setiap rokaatnya membaca surah al Ikhlash sebanyak 50 kali, maka dia tidak akan mati sebelum diperlihatkan kepadanya tempatnya didalam surga nanti.

98- Meninggalkan tempat berkumpulnya suatu kaum pada malam Jum'at.

Dari sayyidah 'Aisyah rodliyallaahu 'anhaa, beliau berkata : seseorang tidak akan memahami agama dengan benar sehingga dia meninggalkan tempat berkumpulnya suatu kaum pada malam Jum'at. 

99- Allah membanggakan hambanya di hadapan para Malaikat.

Dari sayyidina 'Ali karromallaahu wajhahu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : sesungguhnya Allah membanggakan hambanya di hadapan para Malaikat pada hari Arofah dan berfirman : para hambaku telah datang kepadaku dalam keadaan lusuh karena mengharap rahmatku. Maka jadilah kalian saksiku. Sesungguhnya aku akan mengampuni orang yang berbuat baik  pada mereka, dan aku akan memberi pertolongan pada mereka dari orang-orang yang berlaku buruk. Dan jika datang hari Jum'at, maka Allah juga bertindak sama.

100- Jum'at adalah waktu yang mustajab untuk berdo'a.

101- Kelak hari Jum'at akan dibangkitkan seperti seorang pengantin yang bersinar cerah.

Dari sahabat Abu Musa al asy'ari rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda :  sesunggunhnya, kelak pada hari kiamat Allah akan membangkitkan hari-hari dalam bentuk aslinya. Dan Allah akan membangkitkan hari Jum'at dalam keadaan seperti pengantin yang bersinar cerah lalu diarak berkeliling. Wajahnya seputih salju dan baunya sewangi misik. Kemudian dia menaiki gunung wewangian dan dipandang oleh para jin dan Manusia. Semua merasa kagum dan tiada yang mengalihkan pandangan darinya sampai dia masuk kedalam surga. Tidak seorangpun yang berhak menemaninya kecuali seorang tukang adzan yang hanya mencari ridlo Allah semata.



                                      (  T A M M A T )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar