Selasa, 22 November 2011

CARA HALUS MENGGAPAI RIZKI bagian 3

*CARA HALUS MENGGAPAI REZEKI*

Disarikan dari kitab :
أصول الرفق في حصول الرزق
Karya : Imam al Hafizh 'Abdurrohman Jalaluddin
bin Abu Bakr al Suyuthi.


************

14- Dari Hisyam bin 'Abdullah bin Zubayr rodliyallaahu 'anhum, sesungguhnya sayyidina 'Umar bin Khoththob tertimpa musibah lalu mendatangi Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam dan mengeluhkan keadaannya sambil meminta satu wasaq (- 2,5 kg)  kurma kering. Kemudian Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersbda: jika engkau mau maka aku akan memerintahkan seseorang untuk memberimu satu wasaq, dan jika engkau mau maka  aku akan mengajarakan padamu sebuah kalimat yang jauh lebih baik daripada permintaanmu itu. Bacalah olehmu kalimat berikut ini:

اللهم  احفَظْنى  بالاسلام  قاعدا و احفظنى  بالاسلام  راقدا
و لا تُطْمِع  فىَّ  عَدُوّا  و لا حاسدا
و أعوذ  بك من  شرّ  ما أنت آخذٌ  بِناصيته
و أسألك  من  الخير  الذى  بيدك

Yaa Allaah, peliharalah aku dalam islam saat duduk,
Peliharalah aku dalam islam saat tidur,
Janganlah engkau jadikan rasa iri tumbuh di dalam diri musuh-musuhku dan penghasutku,
dan aku berlindung pada-MU dari buruknya hal-hal yang engkau kuasai,
dan aku memohon pada-MU atas hal-hal baik yang engkau miliki.

15- Dari sayyidina 'Ali bin Abu Tholib karromallaahu wajhahu, Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : mana sesuatu yang lebih kamu sukai dariku? lima ratus ekor kambing berikut gembalanya yang aku hibahkan atau lima kalimat yang bisa kamu jadikan sebagai doa?  Maka bacalah kalimat ini :


  اللهم  اغفر  لى  ذنبى  و طَيِّبْ  لى  كَسْبى
و وسِّع  لى  فى  خُلُقى  و لا  تَمْنَعنى  مما  قضيتَ  لى  به
و لا  تذْهِبْ  نفسى  الى  شىء  صرَفْتَه  عنى


Yaa Allaah, ampunilah dosaku, jadikanlah bagus usahaku, lapangkanlah pekertiku,
janganlah engkau halangi diriku dari hal-hal yang telah engkau gariskan untukku,
dan janganlah kau datangkan diriku pada hal-hal  yang semestinya  engkau jauhkan dariku.

16- Dari sayyidah 'Aisyah rodliyallaahu 'anhaa, beliau berkata : Ayahku berkata padaku, maukah engkau aku ajarkan tentang sebuah doa yang telah Rosul ajarkan kepadaku? 'Isa 'alayhissalaam pernah mengajarkannya pada kaum hawariyyin. Andai engkau mempunyai hutang sebesar gunung Uhud, maka Allah akan membayarkan semua hutang-hutangmu? Aku menjawab : tentu aku mau. Kemudian Ayahku berkata: bacalah olehmu doa ini

اللهم  كاشفَ  الكرب  مجيب  دعوةِ  المضطرّ
رحمن  الدنيا  و الآخرة  و رحيمهما
أنت  ترحمنى  فارحمنى  رحمةً  تُغنينى  عمن  سواك


Yaa Allaah, dzat yang menghilangkan kesulitan, dzat yang mengabulkan doa-doa orang yang butuh, yang maha pengasih di dalam dunia dan di alam akhirat, maha penyayang  di dalam keduanya, engkau telah menyayangiku, maka sayangilah aku dengan rahmatmu dan buatlah aku tidak butuh lagi pada selainmu.

17- Dari sahabat Abi Sa'id, sesungguhnya Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam melihat Abu Umamah dan bertanya:
kamu kenapa? Abu Umamah menjawab : Wahai Rosulullah, aku selalu dirundung kesedihan dan hutang. Kemudian Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Aku akan mengajarkan padamu sebuah kalimat yang jika engkau membacanya maka Allah akan menghilangkan kesedihanmu dan membayarkan hutang-hutangmu. Setiap pagi dan sore hari, bacalah olehmu


اللهم  انى  أعوذ  بك  من  الهَمّ  و الحَزَن  و أعوذ  بك  من  العجز  و الكسل
 و أعوذ  بك  من  الجبن  و البخل  و أعوذ  بك  من  غلبة  الدين  و قهر  الرجال

Yaa Allaah, sesunguhnya aku berlindung kepadamu dari kesedihan dan kesusahan. Dan aku berlindung kepadamu dari kelemahan dan kemalasan. Dan aku berlindung kepadamu dari sifat penakut dan kikir. Dan aku berlindung kepadamu dari himpitan hutang dan pemaksaan seseorang.


                                                     (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar