Rabu, 29 Februari 2012

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA (2)

BERBAKTI PADA ORANG TUA


Sahabat 'Umar bin Khotthob rodliyallaahu 'anhu menyaksikan seorang Pemuda yang menggendong Ibunya sambil mengerjakan towaf di Baytullah. Selesai towaf, Pemuda itu melagukan sebuah sya'ir :
Kugendong Ibuku karena dia dulu pernah menggendongku,
Menyusuiku dan memberiku keindahan hidup.

Kemudian Sahabat 'Umar berkata :
Andai saat ini Ibuku masih ada, aku juga akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Pemuda ini.
Menurutku, menggendong Ibu dan membawanya beribadah adalah lebih indah dibandingkan dengan kenikmatan dunia dalam bentuk apapun.


Seorang laki-laki mendatangi sahabat 'Abdullah bin 'Umar lalu dia berkata:
Aku telah menggendong Ibuku sejak dari Khurosan (Afganistan) sampaike Mekah, lalu kami mengerjakan ibadah haji bersama-sama sampai selesai. Menurut Anda,apakah Aku sudah cukup membalas jasa kepadanya ?
'Abdullah menjawab: tidak! karena kamu tidak akan pernah bisa menebus rasa sakit yang dia terima saat melahirkan dirimu ke dunia ini.


Allah berfirman :
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada Ibu-Bapakmu dengan sebaik-baiknya.Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan pada keduanya perkataan "ah"(uff)  dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang danucapkanlah "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".
AlIsroo'  23-24.


( bersambung )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar