Sabtu, 21 Januari 2012

PUASA bagian : 7 (tammat)

كتاب الصيام

من فقه العبادات على مذهب الشافعى  


Hal-hal yang disunnahkan bagi orang yang sedang berpuasa:

1-Segera berbuka ketika matahari sudah benar-benar tenggelam. 

Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Sahl bin Sa'd, Sesungguhnya Rosulullaah shollallaahu alayhi wa sallam bersabda : tidak akan hilang kebaikan manusia selama mereka mau menyegerakan berbuka puasa.

2-Berbuka dengan kurma segar. 
Jika tidak ada maka bisa dengan kurma kering atau cukup dengan minum air.Sudah termasuk mengerjakan sunnah apabila berbuka dengan satu atau dua biji kurma segar, dan paling sempurnaya adalah tiga biji. 

Dari sahabat Anas bin Malik rodliyallaahu 'anhu, beliau berkata : Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam selalu berbuka sebelum beliau sholat dengan dua biji kurma segar atau kurma kering. Jika tidak ada maka beliau minum air beberapa hisapan.

3-Membaca do'a setelah berbuka :

اللهم لك صمت .وعلى رزقك افطرت. وبك امنت . ولك اسلمت . وعليك توكلت . ذهب الظماء. وابتلت العروق. وثبت الأجر. ان شاءالله. يا واسع المغفرة. اغفرلي. الحمدلله الذي اعانني فصمت. ورزقني فأفطرت.اللهم وفقنا للصيام . وبلغنا فيه القيام. وأعنا عليه والناس نيام. وادخلناالجنة بسلامA

Artinya :
Ya Allah! untukmu aku berpuasa. Atas rizkimu aku berbuka. Kepadamu aku beriman. Kepadamu aku berserah diri. Kepadamu  kuserahkan segala urusanku. Hilanglah dahaga dan membasahlah urat-urat. Tetaplah pahala jika Allah berkehendak. Wahai dzat yang maha luas ampunan-Nya. Ampunilah aku. Segala puji bagi Allah yang atas pertolongannya aku berpuasa. Dan atas rizkinya aku berbuka. Yaa Allah ! berilah tawfiq bagi kami  untuk berpuasa. Dan sampaikanlah sholat-sholat malam kami didalamnya. Berilah pertolongan bagi kami saat orang-orang dalam buaian tidur malam. Dan masukkanlah kami kedalam surga dengan kesejahteraan.

4- Makan sahur. 

Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik rodliyallaahu 'anhu, Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Makan sahurlah kalian, karena di dalam sahur itu terdapat berkah. 

Dan dari sahabat 'Abdullah bin 'Abbas rodliyallaahu 'anhumaa, Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Carilah pertolongan dengan makan sahur untuk menjalani puasa di siang hari, dan dengan qoylulah (tidur siang) untuk mengerjakan sholat malam.

5-Sunah mandi besar pada malam hari agar memasuki awal puasa dalam keadaan suci.

6-Memperbanyak membaca al Qur'an dan mengkaji isinya ( mendaras).

7-Memberi keluasan pada keluarga,kerabat dan tetangga.

8-Memperbanyak bersedekah. 

Dari sahabat 'Abdullah bin 'Abbas rdliyallaahu 'anhumaa, beliau berkata : Rosulullah adalah orang yang sangat dermawan dan kedermawanan beliau akan bertambah pada bulan Romadlon. Gambaran secara umumnya adalah sunnah memperbanyak amal-amal sholih saat berpuasa karena pahalanya akan dilipat gandakan.

9- Mengajak buka bersama pada orang-orang yang berpuasa meskipun mereka bukanlah dari golongan fakir-miskin.

Dari sahabat Kholid al Juhaniy rodliyallaahu 'anhu, Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Barangsiapa yang memberi santapan berbuka bagi orang yang berpuasa maka baginya pahala yang menyamai pahala orang itu tanpa kurang sedikitpun.

10- Sunnah memperbanyak  i'tikaf pada bulan Romadlon terutama pada sepuluh hari yang terakhir. 


**************************************  

Hal-hal yang makruh dikerjakan oleh orang yang sedang berpuasa :

1- Berbicara kotor. 
Orang yang sedang berpuasa seharusnya menjaga lisannya dari berkata dusta, menggunjing,fitnah serta adu domba. 

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu,Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda : Orang yang tidak meninggalkan perkataan pendosa dan tetap melakukan itu, maka Allah tidak butuh kepadanya dalam hal meninggakan makan dan minum (berpuasa).

2- Menikmati suatu pemandangan yang halal dan dapat membuat hati merasa senang, seperti melihat-lihat kebun bunga,taman,atau sejenisnya.Juga mencium wewangian apapun yang menyenangkan karena tujuaninti daripada puasa adalah mematahkan hawa nafsu dan memperkuat ketaqwaan.

3- Berbekam. 
Terkadang pengobatan dengan berbekam menyebabkan tubuh terasa lemah sehingga dikuatirkan akan mengganggu jalannya puasa.

4- Mengunyah benda padat yang tidak mempunyai rasa, seperti karet atau plastik.

5- Tidak mencium dengan syahwat.

6- Tidak mencicipi makanan.

7- Bersiwak , berkumur diluar wudlu atau  memakai wewangian setelah zawal (dhuhur). 

Dari sahabat Abu Huroyroh rodliyallaahu 'anhu, Rosulullaah shollallaahu 'alayhi wa sallam bersabda: sungguh bau mulut orang yang sedang berpuasa itu disisi Allah lebih wangi daripada aroma kasturi.

8- Sengaja mengakhirkan (menunda) saat berbuka.

9- Mandi sauna atau pemandian air hangat. 
Hal itu dapat memacu keluarnya keringat sehingga tubuh menjadi lemas dan kekurangan cairan.

10- Haram menyambung puasa tanpa berbuka setiap maghribnya.




                                                                       wallaahu a'lam 

                                                                         T  A  M  M  A  T


Tidak ada komentar:

Posting Komentar